Kamis, 30 Januari 2014

pantai perawan pulau pari




Kepulauan Seribu kian menjadi magnet yang menggiurkan bagi para travelers, baik domestik maupun manca negara. Itu karena kabupaten Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang kini semakin ramai menjadi tempat tujuan wisata.
Ada Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau

Sepa, dan Pulau Pari.

Maka tak heran jika pada musim liburan paket-paket wisata ke pulau seribu begitu dibanjiri peminat. Tak hanya warga Jakarta yang tertarik untuk liburan ke sana, juga warga dari berbagai daerah lain dan bahkan turis asing berbondong-bondong menikmati keindahan pantai dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Salah satu pilihan yang lumayan menarik untuk dikunjungi pada musim liburan adalah Pulau Pari. Pulau yang terletak di Kepulauan Seribu bagian selatan itu, tak begitu jauh dari Jakarta. Jika berangkat dengan kapal biasa dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Timur, waktu yang ditempuh cuma sekitar dua jam. Sedangkan jika berangkat dengan kapal cepat dari Dermaga Marina Ancol hanya 1-1,5 jam.

Pulau ini menawarkan tiga obyek wisata andalan, yaitu Pantai Perawan, Dermaga Lipi, Bukit Matahari dan Pantai Pasir Kresek. Di Pantai Perawan, kita bisa menikmati pasir putih sambil berlarian di pinggir pantai. Jika ingin sedikit berkeringat, bawalah bola voli. Di sana tersedia lapangan untuk bermain voli pantai bagi para pengunjung.

Kegiatan yang tak kalah menarik di Pulau Pari adalah bersepeda mengitari pulau kecil ini. Tak memakan waktu lama, dengan sepeda mengitari pulau ini hanya memakan waktu sekitar satu jam. Cukup memuaskan menikmati pemandangan alam nan elok di pulau ini. Tak perlu membawa sepeda sendiri untuk datang ke sana. Umumnya, setiap rumah penginapan pasti menyediakan sepeda untuk disewakan.

Selain menikmati pantai, yang paling ditunggu dari berlibur ke pulau adalah melihat keindahan bawah laut. Di Pulau Pari, para wisatawan juga bisa merasakan nikmatnya menyelam di perairan dangkal (snorkeling) di tempat-tempat menarik yang tak jauh dari pulau ini.

Jika tertarik mengisi liburan ke Pulau Pari, cara paling gampang adalah menghubungi agen perjalanan yang kini menjamur di Jakarta. Banyak dari mereka yang menawarkan harga murah dengan paket yang cukup komplet. Tak perlu bersusah payah mengurus transportasi, penginapan, dan lain-lain, para agen travel telah piawai melayani para pengunjung pulau ini.

Ongkosnya pun tidak terlalu mahal. Banyak agen travel yang menawarkan harga Rp 270 ribu per orang untuk paket dua hari satu malam. "Itu sudah termasuk snorkeling, makan empat kali, dan ada barbeque-nya nanti malam. Lumayan, kan?" kata Gunawan, seorang pegawai bank di Jakarta yang pernah bersama tujuh temannya berlibur ke Pulau Pari..

Berkemah, adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan pantai Pulau Pari. , Kepulauan Seribu dengan cara tersebut. Rasanya semakin menyatu dengan alam.

Dari Bekasi menuju Tanjung Pasir, Kabupaten Banten, saya dan teman-teman menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Selanjutnya, menyeberangi lautan menuju Pulau Pari selama 2 jam, tutur Gunawan.

Pulau yang bependuduk kurang lebih 200 kepala keluarga ini menyediakan homestay untuk bermalam. Bagi yang ingin menjadikan alunan suara ombak untuk menemani tidur, pengurus kampung setempat mengizinkan kita untuk berkemah di bibir pantai.

Tidak hanya itu, selain bersepeda di pagi hari merupakan salah satu cara menikmati keindahan Pulau Pari, juga yang tak kalah seru snorkeling dan banana boat yang paling favorit dilakukan wisatawan saat sore hari.

Di Pulau Pari penduduknya masih sedikit, hanya ada satu deret gang lurus saja. Jadi tak perlu takut nyasar jika bersepeda di sini. Beda dengan di Pulau Tidung, Pulau Pramuka atau Pulau Harapan yang penduduknya sudah cukup padat dan banyak kampung.

Paling mengoda adalah pantai Pasir Perawan atau Virgin Beach. Pantainya bersih berpasir putih dan sudah tertata rapi dengan bale-bale, warung-warung yang teratur, lapangan voli serta lautnya yang tenang dikelilingi hutan bakau. Kalo dilihat-lihat, orang-orang banyak yang menyebut mirip suasana di Hotel Novotel Kuta Lombok. Unikhnya, pantai ini sebenarnya pantai buatan yang di tata oleh masyarakat setempat sebagai andalan pariwisatanya.

Selain terkenal dengan keindahan pantai yang membuat pengunjung terbelalak setiap memandangnya, Pulau Pari masih mempunyai objek wisata lainnya yang tak kalah menarik yaitu Bukit Matahari yang tak kalah indah dari pantai Pasir Perawan.

Dibukit Matahari wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti hunting Sunrise dan Hunting Sunset. Selain itu, ketika malam menjelma wisatawan dapat memanfaatkan Bukit Matahari sebagai tempat pesta Barbeque karena Bukit Matahari makin terasa eksotis di malam hari. tmp, dtt, ist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar